Implementasi Metode Inverse Kinematics Pada Gerakan Animasi 3D Karakter Manusia
DOI:
https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.310Abstract
Perkembangan industri animasi saat ini, khususnya animasi digital yang dibuat pada umumnya sudah menggunakan bantuan dari komputer telah menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan dengan angka pertumbuhan yang tinggi di setiap tahunnya. Model gerakan yang digunakan dalam proses animasi dapat dibuat dengan berbagai macam metode, salah satu metodenya adalah inverse kinematic. Metode ini diharapkan dapat menghasilkan gerak animasi yang lebih akurat. Penelitian ini menguji metode inverse kinematics dan diimplementasikan kedalam animasi 3D karakter manusia. Pada proses Pengujian akan dilakukan oleh animator professional dengan menganimasikan karakter 3 Dimensi yang sudah diberi parameter tolak ukur kebebasan tulang (Degrees of Freedom) dan menganimasikan karakter 3 Dimensi yang tidak menggunakan tolak ukur kebebasan tulang (Degrees of Freedom). Selanjutnya ditahap pengujian setelah dilakukan penganimasian pada karakter 3 Dimensi, yaitu membandingkan sudut yang terbentuk dari setiap sendi pada bagian tubuh animasi 3 Dimensi yang telah dibuat menggunakan metode inverse kinematic dengan video referensi yang berupa video live shoot. Pengujian ini penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui berapa akurasi kemiripan dari kedua video tersebut. Software yang digunakan untuk mengukur sudut gerak sendi yaitu Tracker. Hasil dari penelitian ini ialah, untuk memberikan solusi agar pembuatan animasi 3D dapat lebih akurat dengan memperhatikan tolak ukur kebebasan tulang (Degrees of Freedom) sesuai anatomi pada manusia dan menggunakan metode inverse kinematics sehingga lebih akurat.
Kata kunci—Animasi 3D, Gerakan, Inverse Kinematics, Rangka manusia, Sendi .