PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN KEL. KARANGWARU, KEC. TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA

Ajie W. Soejono

Abstract


Administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan di Kantor Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Administrasi kependudukan bertujuan untuk melakukan pencatatan segala kejadian yang menyangkut mortalitas, mobilitas, sumberdaya manusia, potensi sosial ekonomi penduduk dalam satu wilayah tertentu sebagai salah satu aspek penting dalam pembangunan nasional jangka panjang.

Administrasi kependudukan harus dilakukan secara terus-menerus, berkesinambungan, tepat waktu, dan akurat. Pekerjaan manusia tanpa bantuan peralatan yang modern akan sangat sulit untuk bisa mewujudkan hal itu.

Oleh karenanya diperlukan dukungan perangkat komputer untuk dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan tersebut. Komputer akan diintegrasikan dengan sumberdaya manusia, basis data, dan prosedur-prosedur yang dibutuhkan sehingga dapat mewujudkan sebuah sistem informasi.

Sistem informasi administrasi kependudukan saat ini sangat diperlukan untuk dapat diterapkan di Kantor Kelurahan Karangwaru guna mengatasi berbagai persoalan yang terkait dengan pegolahan data adiministrasi wilayah dan kependudukan, mengingat bahwa efisiensi dan efektivitas pekerjaan semakin dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas.

 

Kata kunci: basis data, sistem informasi, administrasi kependudukan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.31

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 105 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.31.g24

Copyright (c) 2017 Ajie W. Soejono



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.