PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN CMMI DAN ISHIKAWA PADA BAGIAN UMUM KANREG I BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA YOGYAKARTA

Emilya Ully Artha, Emma Utami, Eko Boedijanto

Abstract


Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah salah satu badan yang mengurusi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), didalam teknis pekerjaan peran Sistem Informasi sangat penting guna mendukung sebagai penunjang pekerjaan pada Bagian Umum khususnya. Didalam pengembangan Sistem Informasi diperlukan cara agar dapat dihasilkan bentuk dari pengembangan proyek system informasi pada Bagian Umum khususnya dan BKN pada umumnya. Dengan menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI) dapat dihasilkan suatu level dalam hal pengembangan proyek yang berhubungan dengan system informasi. Dan permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul dapat dipetakan dengan menggunakan Diagram Ishikawa (Fishbone). Dengan menggabungkan kedua cara ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan proyek Sistem Informasi dan mengetahui maturity pada setiap organisasi.

Keywoards : SI, CMMI, Ishikawa Diagram, Maturity, Bagian Umum


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.30

Article Metrics

Abstract view : 595 times
PDF - 617 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.30.g23

Copyright (c) 2017 Emilya Ully Artha, Emma Utami, Eko Boedijanto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.