Sistem Informasi Geografis Penyebaran Pasien Narkoba

Nur Widjiyati, Ema Utami, Eko Pramono

Abstract


INTISARI

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah Sistem Informasi yang berdasar pada data keruangan dan merepresentasikan obyek di bumi [6]. Dalam SIG sendiri teknologi informasi merupakan perangkat yang membantu dalam menyimpan data, memproses data, menganalisa data, mengelola data dan menyajikan informasi [2]. SIG merupakan sistem yang terkomputerisasi yang menolong dalam me-maintain data tentang lingkungan dalam bidang geografis.

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Saat ini pengguna narkoba  meningkat sangat pesat, peredaran nya yang sampai ke pelosok-pelosok daerah, sangat meresahkan seluruh lapisan masyarakat, maka pada penelitian ini di harapkan dapat melihat dan mengetahui daerah mana saja di Sumatra Utara yang memiliki tingkat pengguna Narkoba tertinggi, dan bisa dilihat dari hasil visualisasi peta yang dikerjakan menggunakan ArGIS 10.2 Untuk keakuratan peta sebaran Narkoba, penelitian ini di uji testing  system  menggunakan Metode Matrix Error.

Tujuan dari penelitian ini untuk memetakan sebaran narkoba dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menghasilkan laporan rancangan system berbentuk dokumen, menghasilkan data visualisasi peta. Dan dari penelitian ini dapat memberikan informasi yang baik mengenai jumlah pasien narkoba di wilayah Sumatra Utara, agar nantinya Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam melakukan penyuluhan tidak salah sasaran.

Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Narkoba, Metode Matrix Error

 

ABSTRACT

Geographic Information Systems (GIS) is an information system based on spatial data and represent objects on eart [6]. SIG itself in information technology is a tool which helps in storing the data, process the data, analyze the data, managing data and presenting information [2]. GIS is a computerized system that helps me maintain the data about the environment in the field of geography.Drugs (abbreviation of Narcotics, Psychotropic and Addictive other hazardous materials) are materials / substances which when administered in the human body, either orally / drunk, inhaled, or injected, can change his mind, mood or feeling, and behavior. Drugs can cause dependence (addiction) physical and psychological.Currently the drug users is rapidly increasing, the circulation of its up to the outposts area, devastating the whole society, so in this study is expected to see and know which areas in North Sumatra that have high levels of drug users is highest, and can be seen map visualization of results is done using ARGIS 10.2 for the most accurate map of the distribution of drugs, this study tested using the testing system Matrix Error method.The purpose of this study to map the distribution of drugs in a Geographic Information System (GIS) that generates a report form system design documents, generate data map visualization. And from this study can provide good information about the number of patients the drug in North Sumatra region, so that later the National Narcotics Agency in conducting counseling is not misplaced.

Key Word : Geographic Information System, Drugs, Matrix Error Method

 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i2.292

Article Metrics

Abstract view : 490 times
PDF - 44 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i2.292.g269

Copyright (c) 2019 Nur Widjiyati, Ema Utami, Eko Pramono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.