SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BEASISWA MAHASISWA UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

R. Nurhadi Wijaya

Abstract


ABSTRAK

 

Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Carrier Center merupakan unit yang ada Universitas Respati Yogyakarta dibawah tanggung jawab Wakil Rektor III dalam mengelola kegiatan kemahasiswaan. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan adalah kegiatan penerimaan beasiswa baik bersumber dari yayasan, badan pemerintah maupun instansi swasta. Dalam proses administrasi beasiswa mahasiswa selama ini masih dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan aplikasi perkantoran dan berkas masih disimpan secara manual pada rak penyimpanan yang tentunya beresiko pada kerusakan dokumen. Masalah lain yang timbul adalah data yang diolah belum terekam dengan basisdata sehingga apabila membutuhkan riwayat penerima beasiswa pada tingkat program studi atau Fakultas membutuhkan waktu yang lama. Selain itu sering terjadi seorang mahasiswa memperoleh beasiswa ganda dikarenakan tidak adanya monitoring dari penerima beasiswa.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan Sistem Informasi Administrasi Beasiswa Mahasiswa Universitas Respati Yogyakarta. Pengembangan Sistem Administrasi Beasiswa Mahasiswa nantinya berbasis Web dengan Bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySql sebagai basisdata.

Hasil penelitian diharapkan memberikan manfaat bagi unit beasiswa untuk dapat mempermudah dalam pengelolaan dokumen administrasi penerimaan beasiswa mahasiswa di Universitas Respati Yogyakarta.

 

Kata kunci  : Beasiswa, Mahasiswa, Sistem Informasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.280

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 21 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.280.g258

Copyright (c) 2019 R. Nurhadi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.