ANALISIS PENERAPAN SISTEM REPORT CENTER DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA KOPERASI DI YOGYAKARTA

Dwi Yuli Prasetyo, Kusrini Kusrini, Andi Sunyoto

Abstract


Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi DIY adalah Salah satu kantor pemerintahan di Provinsi DIY yang menaungi seluruh UKM dan Koperasi yang ada di Provinsi DIY. Dalam upaya menstandarkan sistem pelaporan koperasi yang ada di Provinsi DIY, Disperindagkop Provinsi DIY melakukan penerapan sistem report center pada beberapa koperasi yang ada di Provinsi DIY yang bertujuan untuk menstandarkan sistem pelaporan keuangan koperasi di Provinsi DIY dengan berbasis sistem informasi dan teknologi, sehingga akan bermanfaat bagi koperasi secara internal dalam pengambilan keputusan manajemen dan membantu dalam sistem pembinaan Disperindagkop Provinsi maupun Kabupaten / Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan tingkat penerimaan user pada sistem informasi dan teknologi melalui penerapan sistem report center pada koperasi di Provinsi Yogyakarta dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) untuk kemudian dirancang suatu rekomendasi untuk meningkatkan tingkat penerimaan sistem informasi dan teknologi yang ada. Tingkat penerimaan user diukur menggunakan kuesioner dan kemudian diuji kesesuaiannya terhadap TAM menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan program aplikasi SPSS dan AMOS. Dari hasil penilaian dan pengujian dapat disimpulkan bahwa tingkat penerimaan user (koperasi) terhadap penerapan sistem report center dikatakan baik (setuju). Berdasarkan model yang dihasilkan, dapat diusulkan beberapa langkah perbaikan ulang terhadap tingkat penerimaan sistem report center tersebut.

 

Kata Kunci : koperasi; sistem report center; tingkat penerimaan; technology acceptance model (TAM); structural equation model (SEM), 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.28

Article Metrics

Abstract view : 424 times
PDF - 190 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.28.g21

Copyright (c) 2017 Dwi Yuli Prasetyo, Kusrini Kusrini, Andi Sunyoto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.