Perancangan Keamanan Pengambilan Kembali Data Menggunakan Enkripsi Simetris pada Struktur ORDBMS

M. Fairul Filza

Abstract


INTISARI

Teknologi basis data adalah komponen inti dari banyak sistem komputasi. Basis data memungkinkan data yang akan disimpan dan berbagi secara elektronik. Begitu pula kebutuhan untuk memastikan integritas data dan keamanan data dari akses yang tidak diinginkan. Keamanan basis data dibuktikan dengan peningkatan jumlah kekhawatiran dan insiden kehilangan atau pelanggaran dilaporkan terhadap data yang sensitif. Penelitian ini membahas secara teknis pengamanan dalam pengambilan kembali data pada lapisan datasource dengan enkripsi simetris. Hasil dari penilitian ini adalah pembuatan virtual dan mengkamuflase tabel sehingga ketika diakses oleh penguna publik akan menampilkan rekaman data yang terenkripsi.

 

ABSTRACT

Data base technology is a core component of many computing systems. The database allows data to be stored and shared electronically. Similarly, the need to ensure data integrity and data security from unwanted access. Database security is evidenced by the increasing number of concerns and incidents of loss or breach is reported against sensitive data. This study discusses the technical safeguards in taking back the data on the layer of the datasource with symmetric encryption. The result of this was the creation of a virtual and camouflage tables when accessed by users so that the public will display the encrypted data records.

Keyword  Cryptography, Data Security, Aes, Postgesql, Python, RDBMS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i1.270

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 40 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i1.270.g249

Copyright (c) 2019 M. Fairul Filza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.