Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Metode Jarimatika

Authors

  • Bernadhed Bernadhed
  • Muhammad Dzikri Fuady
  • M. Johan Laelangge
  • Jairufi Rahman

DOI:

https://doi.org/10.35842/jtir.v14i1.268

Abstract

INTISARI

Jarimatika adalah singkatan dari jari dan aritmatika yaitu metode berhitung degan mengggunakan jaritangan.  Perkembangan multimedia saat ini sudah meningkat jauh, pertukaran informasi sudah sangat mudah dengan bantuan teknologi. Dari latar belakang tersebut peneliti membuat aplikasi multimedia dengan tujuan agar pengguna dapat belajar berhitung dalam lingkungan multimedia.

Peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia Luther yang terdiri dari 6 tahap yaitu concepts, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Metode ini dipilih karena metode ini dirancang untuk pengembangan perangkat lunak berbasis multimedia.

Kata kunci: Jarimatika, Aritmatika, Multimedia.

 

 

ABSTRACT

                    Jarimatika stands for finger and arithmetic, which is a method of counting by using a finger. The development of multimedia has now increased considerably, the exchange of information has been very easy with the help of technology. From this background, researchers create multimedia applications with the aim that users can learn to count in a multimedia environment.

                    The researcher used Luther's multimedia development method which consisted of 6 stages namely concepts, design, collecting materials, assembly, testing, and distribution. This method was chosen because this method was designed for the development of multimedia-based software.

Keywords: jarimatika, arithmetic, multimedia

Downloads

Published

2019-03-10

Issue

Section

DATA WAREHOUSE