Perancangan Game Fighting Peresean Sebagai Media Pengenalan Budaya Suku Sasak

B. Abdus Somad Rajab, RB. Hendri Kuswantoro

Abstract


INTISARI

                Peresean adalah adat istiadat suku sasak Lombok yang bersenjatakan rotan (penjalin), menggunakan tameng (ende) yang terbuat dari kulit sapi dan saat acara peresean berlangsung akan di iringi dengan musik khas suku sasak lombok yakni gendang beleq. Adapun pakaian yang di kenakan peserta peresean (pepadu) adalah ikat kepala (sapuq), sarung (selewoq), ikat pinggang dari kain (bebet) serta bertelanjang dada. Budaya Peresean kini mulai jarang di selenggarakan serta tidak terlalu di minati oleh pemuda lombok khususnya. Maka dari situ menjadi sebuah acuan pembuatan gameplay game yang berjenis Fighting dengan melakukan penyesuaian peraturan sesuai dengan target audience.

                Platform dari game “Peresean” ini adalah personal computer, maka game dikerjakan dengan beberapa bantuan visual artis, penata suara dan progammer, sedangkan setelah pematangan konsep di lanjutkan ke tahap produksi, pembuatan gameplay, aset, user interface, dan karakter. adapun peralatan  yang digunakan untuk proses Penciptaan menggunakan laptop atau personal computer, pen table, Software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, Clip Studio Paint, dan Blender.

                Hasil akhir dari produksi ini adalah game fighting Peresean  yang di jalankan pada perangkat PC (personal computer), dan di targetkan untuk semua usia. Adapun fitur – fitur yang sudah di rancang sudah memenuhi dari apa yang di inginkan. Dalam game berjenis Fighting ini terdapat informasi dan pesan moral tentang melestarikan budaya lokal.

Kata Kunci : Fighting, budaya suku sasak, lombok, Peresean

 

ABSTRACT

Peresean is customs tribe of sasak lombok armed with rattan ( penjalin ), use shield ( ende ) made of the skins of calves and during a peresean held will be followed up with music typical tribe of sasak lombok namely kettledrum beleq . As for a garment in wear participants peresean ( pepadu ) is headband ( sapuq ), scabbard ( selewoq ), the sashes of fabric ( bebet ) and barefoot the chest. Culture peresean is now beginning to rare in hosted and not overly were interested in it by a youth lombok especially. So it into a reference making gameplay the game as fighting with adapt the regulation accordance with the target audience.

A platform of games peresean this is personal computer, then games done by some help visual artist, a sound and progammer, while after maturation concept in continue to the point of production, making gameplay, assets, a user interface, and character. As for equipment used to the forging find or personal computer, pen table, software processing an image of such adobe photoshop, clip studio paint, a blender.

The end result of production this is game fighting peresean who on the run on the device pc (personal computer), and in target for all age. As for features - features out of designed enough to fulfill of what will. In a game as fighting are information and moralistic messages about preserve local culture.

Keywords : Fighting, the culture of sasak, lombok, Peresean

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.256

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 116 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.256.g235

Copyright (c) 2018 B. Abdus Somad Rajab, RB. Hendri Kuswantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.