Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kesehatan Bayi Berdasarkan Tingkat Bilirubin Pada Bayi Dengan Metode Forward Chaining

Agus Fatkhurohman

Abstract


INTISARI

Keadaan bayi saat lahir terkadang sulit diprediksi, hal ini terjadi karena saat berada di dalam kandungan keadaan bayi tidak dapat terlihat secara jelas. Walaupun telah dilakukan scaning dengan alat Ultrasonografi atau yang sering kita sebut dengan Usg baik yang 3 dimensi ataupun 4 dimensi tidak menutup kemungkinan ketika keluar lahir keadaan menjadi berbeda dengan prediksi sebelumnya. Hal ini terjadi karena tumbuh kembang bayi saat berada di dalam kandungan juga seringkali terjadi perubahan. Biasanya ketika lahir sang bayi mendapat beberapa masalah yang serius seperti berat badan, sistem pencernaan dan mungkin juga sampai terindikasi sakit kuning. Penyakit kuning ini merupakan kondisi bayi yang ditandai dengan menguningnya kulit, sklera (bagian putih dari mata), serta membran mukosa hidung dan mulut akibat penumpukan bilirubin di dalam darah dan jaringan-jaringan tubuh lain. Gejala lainnya bisa berupa urine yang berwarna keruh (gelap) dan tinja yang berwarna pucat. Jika hal ini dibiarkan berlalu larut maka kesehatan sang bayi akan terus menurun dan bisa berdampak fatal bagi si bayi seperti kelainan motorik, kelainan perkembangan, bahkan bisa sampai meracuni otak dan banyak lagi. Maka dari itu penelitian ini dibuat untuk membantu memprediksi tingkat kesehatan bayi yang baru lahir dengan membuat sebuah system pakar untuk mengidentifikasi kesehatan bayi berdasarkan tingkat bilirubin pada bayi.

Kata kunc -- Ultrasonografi, lahir, sklera, bilirubin, sistem pakar

 

ABSTRACT

The situation of the baby birth is unpredicteble, this happens because when in the womb the situation of the baby can not be seen clearly. Although scaning with Ultrasonography tools or what we often call Ultrasound either 3 dimensions or 4 dimensions does not rule out the possibility that when the birth comes out the situation becomes different from the previous prediction. This case happens because the baby's growth and development while in the womb also often changes. Usually when the baby gets some serious problems such as weight, digestive system and maybe also until indicated jaundice. This jaundice is a baby's condition characterized by yellowing of the skin, sclera (the white part of the eye), as well as nasal and oral mucous membranes due to accumulation of bilirubin in the blood and other body tissues. Other symptoms can be a cloudy urine (dark) and pale stools. If this is allowed to pass late then the baby's health will continue to decline and can have a fatal impact on the baby such as motor abnormalities, developmental abnormalities, and even poisoning the brain and more. Therefore this study was made to help predict the health level of newborns by creating an expert system to identify the health of infants based on bilirubin levels in infants.

Keywords -- Ultrasonography, birth, sclera, bilirubin, expert system


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.254

Article Metrics

Abstract view : 474 times
PDF - 182 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.254.g233

Copyright (c) 2018 Agus Fatkhurohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.