Sistem Pengaduan Masyarakat Untuk Melaporkan Kerusakan Fasilitas Umum Berbasis Perangkat Bergerak

Erna Kumalasari Nurnawati, Milzam Hibatullah

Abstract


INTISARI

Fasilitas umum adalah fasilitias yang diadakan untuk kepentingan umum, seperti jalan, angkutan umum, saluran air, jembatan, fly over, under pass, halte, alat penerangan umum, jaringan listrik, tempat ibadah, banjir kanal, trotoar, jalur busway, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya. Fasilitas umum diberikan oleh pemerintah untuk menunjang kebutuhan aktivitas masyarakat sehari – hari. Setiap fasilitas umum yang dibangun, memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda – beda. Kenyamanan atau keamanan menjadi suatu hal penting untuk menunjang penggunaan setiap fasilitas umum.

Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari observasi dilapangan. Metodologi yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi. Sistem Pengaduan Masyarakat untuk Melaporkan Kerusakan Fasilitas Umum Berbasis Perangkat Bergerak ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman JAVA, API, database MySQL, web server Apache, Google Maps Android API dan IDE Android Studio.

Sistem pengaduan masyarakat untuk melaporkan kerusakan fasilitas umum berbasis perangkat bergerak ini dibangun dalam bentuk aplikasi Android. Sistem ini terbagi menjadi 2 aplikasi Android, antara lain aplikasi untuk masyarakat dan aplikasi untuk petugas. Aplikasi Android untuk masyarakat dibangun untuk melakukan pengaduan tentang kerusakan fasilitas umum  dengan mudah dan sederhana. Sedangkan aplikasi Android untuk petugas dibangun untuk membantu pengecekan terhadap laporan masyarakat dengan mudah dan tepat.

Kata kunci Fasilitas  umum, Sistem Pengaduan Masyarakat, Perangkat Bergerak.

 

ABSTRACT

The public facilities are facilities that provided for public purposes, such as road, public transport, waterways, bridge, fly over, under pass, bus stops, public lighting, power line, place of worship, canal flooding, sidewalks, busway lanes, laystall, etc. Public facilities provide by government to support daily activities of the people. Each of the public facilities has different functions or uses. Confortability or security becomes an importan thing to support the use of every public facility.

Materials used in this research is the data that obtained from field observation . The methodology used is literature study and observation. Community Complaint System was built using the programming language JAVA, API, MySQL database, Apache web server, Google Maps Android API, and Android Studio IDE.

                Community complaint system to report damage of public facilities based on mobile device was built in Android application. The Community Complaint System is divided into 2 Android applications, including application for community dan application for officer. Android application for community was built to complaint the damage of public facilites easily and simple. Whereas the Android application for officer was built to verify report from the people easily and accurate.

Kata kunci Public Facilities, Community Complaint System, Mobile Device


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.250

Article Metrics

Abstract view : 1076 times
PDF - 250 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i3.250.g229

Copyright (c) 2018 Erna Kumalasari Nurnawati, Milzam Hibatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.