MATURITY LEVEL DOMAIN PLANNING AND ORGANIZING DENGAN COBIT 4.1 PADA PT DINAMIKA PUTRA

Yogiek Indra Kurniawan

Abstract


INTISARI
Tatakelola Teknologi Informasi (TI) memegang peranan dalam tata kelola sebuah perusahaan secara keseluruhan. Pengelolaan TI yang terorganisir akan memberikan dampak yang signifikan terhadap proses bisnis dan kelangsungan sebuah perusahaan. Dalam mengolah tatakelola TI, terdapat banyak kerangka kerja yang dapat digunakan, salah satunya adalah CobIT versi 4.1 yang merupakan framework dan pedoman secara menyeluruh terhadap manajemen TI. Dalam CobIT versi 4.1 termuat beberapa penilaian yang dapat dilakukan, salah satunya adalah penilaian tingkat kematangan (maturity level) yang berfungsi untuk melihat kondisi sebuah perusahaan dalam bidang IT pada saat sekarang dan harapannya di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur maturity level dari sebuah perusahaan, yaitu PT Dinamika Putra, sebuah perusahaan consultant IT di kota Surakarta pada domain Planning and Organizing (PO) dengan CobIT versi 4.1. Dari hasil penilaian yang dilakukan, maturity level pada domain Planning and Organizing (PO) di PT Dinamika Putra pada saat ini mencapai 3.21, yaitu pada level defined process, sedangkan yang diharapkan di masa mendatang oleh perusahaan tersebut adalah mencapai 4.16, yaitu pada level managed and measurable. Hal ini menunjukkan gap (jarak) antara kondisi sekarang dan kondisi di masa mendatang, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk memangkas jarak antara kondisi saat ini dengan kondisi yang diharapkan di masa mendatang.
Kata kunci : COBIT 4.1, Maturity Level, Planning and Organizing, Tatakelola TI

ABSTRACT
Information Technology (IT) Governance plays a role in corporate governance in whole aspect. Organized IT management will have a significant impact on business processes and the viability of a company. In managing IT governance, there are many frameworks can be used, one of which is CobIT version 4.1 which is a comprehensive framework and guideline for IT management. In CobIT version 4.1 contains some assessments that can be done, one of which is the assessment of maturity level that serves to see the condition of a company in the field of IT at the present time and hope in the future. This research was conducted to measure the maturity level of a company, namely PT Dinamika Putra, an IT consultant company in Surakarta city in Planning and Organizing (PO) domain with CobIT version 4.1. From the results of the assessment, the maturity level of the Planning and Organizing (PO) domain in PT Dinamika Putra currently reaches 3.21, ie at the defined process level, whereas the future expected by the company is reaching 4.16, ie at managed and measurable level. This shows the gap between present and future conditions, so strategic steps are needed to cut the gap between current conditions and expected conditions in the future.
Keywords : COBIT 4.1, IT Governance, Maturity Level, Planning and Organizing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.238

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 38 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.238.g220

Copyright (c) 2018 Yogiek Indra Kurniawan



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.