SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KREDIT BERBASIS WEB PADA KOPERASI INTAN ABADI BANYUWANGI

Putri Nadia Ayu Rahmawati, Ahmad Chusyairi

Abstract


INTISARI

CV. Intan Abadi Banyuwangi adalah salah satu koperasi yang bergerak dalam bidang permohonan peminjaman kredit. Sistem perkreditan yang sedang berjalan masih bersifat manual di mana banyak membutuhkan kertas dalam proses pengajuan permohonan peminjaman kredit dan juga tim marketing untuk mencari nasabah dan melakukan survei yang prosesnya memerlukan waktu yang lama, sehingga menyebabkan biaya operasional setiap bulan semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan Sistem Informasi Pengajuan Kredit berbasis web pada Koperasi Intan Abadi Banyuwangi, sehingga proses permohonan kredit bersifat paper less dimana calon nasabah dapat mengisi formulir permohonan kredit secara langsung melalui online dan juga dapat mengurangi tenaga sumber daya manusia untuk marketing dalam mencari nasabah dan melakukan survei, sehingga biaya operasional setiap bulan dapat berkurang dan waktu yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit relatif singkat.

Hasil dari penelitian ini adalah laporan konfirmasi kelayakan kredit dari tim marketing (surveyor) dan laporan persetujuan kredit dari manager.

Kata Kunci−pengajuan kredit, web, waterfall, koperasi, Intan Abadi Banyuwangi.

 

ABSTRACT

CV. Intan Abadi Banyuwangi is one of the cooperatives which is engaged in credit loan application. The ongoing credit system is still manual in which many require paper in the process of applying for credit lending as well as marketing team to find customers and conduct survey which process takes a long time, thus causing the operational cost every month is increasing. The method used in this research is waterfall. To overcome these problems, it is necessary to apply Web-based Credit Information System to the Cooperation of Intan Abadi Banyuwangi, so that the credit application process is paper less where the prospective customer can fill in the loan application form directly through online and also can reduce the human resources for marketing in searching customers and conduct surveys, so the monthly operational costs can be reduced and the time required for credit application is relatively short.

The result of this research is the confirmation report of creditworthiness of marketing team (surveyor) and credit approval report from manager.

Keywords−submission of credit, web, waterfall, cooperative, Intan Abadi Banyuwangi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.236

Article Metrics

Abstract view : 784 times
PDF - 140 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.236.g218

Copyright (c) 2018 Putri Nadia Ayu Rahmawati, Ahmad Chusyairi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.