Analisa Kepuasan Pelanggan Event Organizer XYZ menggunakan Metode Service Quality

Andriyan Dwi Putra

Abstract


INTISARI

Kepuasan adalah alat ukur yang paling konkrit untuk mengetahui tingkat kenyamanan terhadap pelayanan yang diberikan, baik pelayanan yang diberikan dari individu ke individu, maupun grup/ perusahaan ke individu, atau bisa juga dari individu ke grup/ perusahaan.  Untuk mencapai kepuasan tersebut bisa dilakukan dengan 2 pilihan, dengan proses sederhana atau dengan proses yang kompleks. Pencapaian kepuasan dilakukan agar pelanggan mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang diharapkan. Kompetisi antar penyedia layanan Outbound sangatlah ketat khususnya di daerah Yogyakarta, maka dari itu diperlukanlah pengukuran terhadap service atau layanan sejauh mana pelanggan merasakan kenyamanan dan kepuasan setelah menggunakan service dari penyedia layanan Event Organizer. Tujuannya tidak lain adalah dapat bersaing dengan penyedia layanan Event Organizer lain. Metode kuisioner dipilih untuk mengukur kenyamanan/ kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh penyedia Layanan Event Organizer , dengan harapan hasil/ informasi yang didapatkan berupa informasi yang nyata/ real bukan berupa asumsi. Metode yang selanjutnya digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan adalah Metode Service Quality, metode ini dirasa paling tepat untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, karena metode Service Quality didalamnya mengukur kualitas layanan yaitu tangible, responsiveness, realibility, assurance dan emphaty.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Outbound, Metode Service Quality.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.231

Article Metrics

Abstract view : 1090 times
PDF - 646 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.231.g213

Copyright (c) 2018 Andriyan Dwi Putra



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.