Perencanaan Sistem Manajemen Evaluasi Belajar Mahasiswa Berbasis Elearning Dengan Pendekatan Berorientasi Objek

Muhammad Zuhdi Sasongko, Sucipto Sucipto, Erna Daniati

Abstract


INTISASI

Mahasiswa merupakan suatu tingkatan siswa yang tertinggi. Mahasiswa juga diharapkan sebagai agen perubahan dalam era perubahan zaman. Proses pembelajaran dari dosen ke mahasiswa ini perlu adanya pengukuran tingkat pemahaman. Pengukuran ini juga disebut dengan evaluasi. Proses evaluasi ini menemui kendala dalam pelaksanaannya. Kendala tersebut adalah mengenai koreksi yang dilakukan satu per satu dan prosesnya lama. Hal ini membutuhkan sistem informasi manajemen evaluasi belajar. Pengembangan sistem yang lebih baik direkomendasikan dengan menggunakan orientasi objek. Hal ini memiliki keunggunlan dalam hal kejelasan data, kemudahan pengembangan, dan mengurangi ambiguitas. Selain itu, perencanaan pengembangan perlu diakan dengan menganalisis kelemahan sistem menggunakan PIECES dan studi kelayakan yang mengacu pada aspek teknik, operasional, dan ekonomi. Pada penelitian ini menghasilkan dokumen analisis kelemahan sistem dan studi kelayakan berdasarkan teknik, operasionalm dan ekonomi. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai acuan awal pelaksanaan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Evaluai Belajar.

Kata kunci Perencanaan, PIECES, Studi Kelasyakan, Sistem Informasi Manajemen.

 

ABSTRACT

Students are the highest people. Students are also expected as a game in modern times. The process of learning from college to student needs to be measured level of understanding. This measurement is also called evaluation. The process of this process occurs in the implementation. These constraints are measurements made one by one and the process is long. This requires a learning management evaluation information system. Better development systems use object attributes. It has a keungggunlan in terms of data clarity, ease of development, and reduce ambiguity. In addition, needs development needs to be analyzed using PIECES and feasibility studies that address technical, operational, and economic aspects. In this research resulted system analysis and feasibility study based on technique, operational and economy. The results of this study is expected as a reference early implementation of Management Information Systems Evaluai Learning.

Kata kunci Planning, PIECES, Feasibility Study, Management Information System.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.228

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 85 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.228.g210

Copyright (c) 2018 Muhammad Zuhdi Sasongko, Sucipto Sucipto, Erna Daniati



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.