DIAGNOSA PENYAKIT PADA KAMBING DENGAN SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID

Muhammad Rizki Setyawan, Andika Agus Slameto

Abstract


INTISARI

Pengetahuan yang kurang akan penyakit pada kambing ditengah masyarakat dalam upaya identifikasi awal penyakit mempengaruhi pengambilan keputusan secara mandiri. Ketergantungan terhadap pengetahuan seorang pakar atau dokter hewan sangatlah tinggi, tetapi keberadaannya tidak selalu ada dan sangat susah ditemui, terutama di daerah pedesaan. Ditambah dengan masalah biaya dan sangat tidak efisien dari segi waktu.

Oleh karena itu dalam penelitian ini dirancang sebuah sistem pakar dengan metode forward chaining yang merupakan teknik pencarian dimulai dari fakta yang diketahui, kemudia mencocokkan fakta-fakta tersebut dengan bagian IF dari rule IF-THEN. Bila ada fakta yang cocok dengan bagian IF, maka rule tersebut dieksekusi sebagai penarik kesimpulan untuk mendiagnosa penyakit pada kambing.

Aplikasi sistem pakar dibuat berbasis Android karena penggunanya yang banyak dan dapat mudah digunakan dimana saja dan kapan pun. Diharapkan aplikasi dapat memberikan solusi dan penanganan sementara pada ternak berupa panduan untuk mengantisipasi terjadinya kematian pada kambing sebelum ditanyakan langsung kepada seorang pakar untk penanganan lebih lanjut.

Dengan adanya sistem pakar untuk diagnose penyakit pada kambing berbasis android ini maka memudahkan peternak dalam melakukan tindakan yang diperlukan secara tepat dalam menangani penyakit pada kambing.

Kata kunci:  Android, penyakit, sistem pakar, forward chaining, kambing, android, mobile

 

ABSTRACT

Low knowledge of goat disease in the community in an attempt to identify early disease affects decision-making independently. Dependence on the knowledge of an expert or veterinarian is very high, but its existence is not always present and very difficult to find, especially in rural areas. Coupled with cost issues and very inefficient in terms of time.

Therefore in the study designed an expert system with forward chaining method which is a search technique starting from known facts, then match those facts with the IF part of the IF-THEN rule. If there are facts that match the IF section, then the rule is executed as a conclusion to diagnose the disease in goats.

Expert system applications are made based on Android because of its many users and can be easy to use anywhere and anytime. It is expected that the application can provide solutions and temporary handling of livestock in the form of a guide to anticipate the occurrence of death in goats before being asked directly to an expert for further handling.

With the expert system for diagnosis of disease in goats android-based this makes it easier for farmers in performing the necessary actions appropriately in dealing with disease in goats.

Keywords : android, disease, expert system, forward chaining,  goat, android, mobile.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.227

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 166 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.227.g209

Copyright (c) 2018 Muhammad Rizki Setyawan, Andika Agus Slameto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.