EVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA COMPUTER BASED TEST DENGAN PENDEKATAN TAM DI KULON PROGO

Authors

  • Sukasna Sukasna
  • Kusrini Kusrini
  • Sudarmawan Sudarmawan

DOI:

https://doi.org/10.35842/jtir.v12i34.225

Abstract

Abstrak –Pelaksanaan ujian nasional di SMP, SMA / SMK sederajat yang dilaksanakan oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selalu mengalami perubahan, baik dari
segi manfaat, teknis pelaksanaan, banyaknya model paket soal sampai dengan cara mengoreksi hasil
ujian. Seiring dengan perkembangan teknologi ujian nasional kini mula
i dilaksanakan dengan sarana komputer secara on line atau lebih dikenal dengan istilah Computer Based
Test ( CBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan
variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya dengan pendekatan
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model
(TAM) I dengan metode SEM program PLS. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan
metode Analisis Component Based SEM atau Partial Least Square (PLS). Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini ditemukannya pengaruh yang signifikan dan tidak signifikan dari variabel eksternal serta
beberapa persepsi yang berpengaruh terhadap pelaksanaan CBT di Kulon Progo.
Kata kunci: TAM, pengalaman, kerumitan, kesesuian tugas, sikap pengguna

Downloads

Published

2017-03-05

Issue

Section

DATA MINING