Pengembangan Plugin WordPress untuk Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan dengan Metode SAW (Studi Kasus: Kumon Pengasih)

Sarji Sarji, Kusrini Kusrini, M Rudyanto Arief

Abstract


INTISASI

Dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidangnya akan berdampak pada produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan menjadi berkualitas, sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Untuk itu setiap perusahaan harus memiliki SDM yang mampu mewujudkan manajemen yang kompetitif dan berkualitas. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dimulai dari proses seleksi karyawan yang dilakukan secara profesional. Oleh karena itu, dalam perekrutan karyawan harus dianalisa dengan cermat dan teliti agar karyawan yang diterima bekerja sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan yang dapat digunakan untuk membantu proses seleksi karyawan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Bagi perusahaan yang belum memiliki formulasi perhitungan dalam proses seleksi karyawan nantinya dapat menggunakan sistem ini. Sistem ini dikembangkan menjadi produk massal berupa Plugin WordPress yang dapat membantu pengguna WordPress yang belum memiliki sistem seleksi penerimaan karyawan yang terkomputerisasi.  Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah Simple Additive Weighting. Pengguna dapat memasukan kriteria dan bobot sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem ini telah di implementasikan di Kumon Pengasih dan berdasarkan perbadingan antara perhitungan seleksi karyawan secara manual di Kumon Pengasih dengan perhitungan yang diproses oleh sistem menghasilkan rekomendasi yang sama.

Kata kunciSPK,Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Karyawan, Rekrutmen Karyawan,Plugin WordPress.

 

ABSTRACT

Human Resources competent in the field will impact on products or services produced by the company to be qualified, so as to increase competitive advantage for the company. Every company must have human resources capable of realizing a competitive and quality management. To get qualified human resources starting from the process of employee selection conducted professionally. Therefore, in the recruitment of employees must be carefully and thoroughly analyzed for employees who received work in accordance with the required criteria. This study aims to develop Decision Support System that can be used to assist employee selection process in accordance with the criteria that have been determined based on the needs of the company. For companies that do not have a calculation formulation in the employee selection process will be able to use this system. This system is developed into a mass product of WordPress Plugin that can help WordPress users who do not have a computerized employee reception selection system. The method used in this system is Simple Additive Weighting. Users can enter their own criteria and weights according to company needs. This system has been implemented in Kumon Pengasih and based on the comparison between the calculation of manpower selection manually in Kumon Pengasih with calculations processed by the system produce the same recommendation.

Kata kunciDSS,Decision Support System,WordPress Plugin, Employee Recruitment.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.223

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF - 129 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.223.g205

Copyright (c) 2018 Sarji Sarji, Kusrini Kusrini, M Rudyanto Arief



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.