Rancang Bangun Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Menggunakan Framework Code Igniter

Jefonses Yarsian Pote

Abstract


INTISARI

Pengembangan sistem informasi  tanaman obat tradisional berbasis web merupakan sarana penyampaian informasi tentang tanaman obat yang ada di indonesia meggunakan teknologi internet. Banyak tanaman obat tradisional yang ada di sekitar kita yang belum di manfaatkan dan di kelola dengan baik, Hal ini terjadi karena katerbatasan informasi yang sampai kepada masyarakat sehingga mereka tidak tahu dan tidak dapat memanfaatkan dengan sebaik – baiknya.

 

Metodologi yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Model-View-Controller atau MVC yaitu sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.

               

Hasil penelitian ini adalah website sistem informasi tanaman obat tradisional menggunakan framework codeigniter yang menghasilkan informasi seputar tanaman obat tradisional yang banyak sekali digunakan disekitar kita. Website ini menghimpun informasi tentang ciri – ciri tanaman, kandungan, nama daerah beserta ramuan tradisional yang lazim di manfaatkan untuk pencegahan maupun penyembuhan penyakit yang ada di masyarakat. Untuk menjadikan website ini menarik, di tambahkan fasilitas interaktif seperti Halaman Buku tamu, fasilitas pencarian dan konsultasi.

 

Kata kunci— Sistem Informasi,  Tanaman Obat Tradisional, Code Igniter, Framework, MVC.

 

ABSTRACT

Development of information system of traditional medicinal plants is a means of delivering information about medicinal plants in Indonesia by using internet technology. Many of the traditional medicinal plants around us that have not been utilized and managed properly, this happens because of limited information to the community so they do not know and can not take advantage of the best.

 

The methodology used to build this system is Model-View-Controller or MVC which is a method for creating applications by separating data (Model) from display and how to process it (Controller). In its implementation most frameworks in website applications are based on MVC architecture. MVC separates application development based on major components that build applications such as data manipulation, user interface, and parts that become controls in web applications.

 

The results of this study is a website of traditional medicinal plant information system using a codeigniter framework that produces information about traditional medicinal plants are widely used around us. This site collects information about the characteristics of plants, uterus, the name of the area along with traditional ingredients commonly used for prevention and healing of existing diseases in the community. In order for this website interesting, plus interactive facilities such as Guestbook pages, search and consulting facilities.

 

Kata kunci Information Systems, Traditional Medicinal Plants, Code Igniter, Framework, MVC.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i1.212

Article Metrics

Abstract view : 1311 times
PDF - 150 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i1.212.g194

Copyright (c) 2018 Jefonses Yarsian Pote



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: [email protected] Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.