Integrasi SWOT dan ITIL V3 untuk Strategi Layanan Teknologi Informasi di Laboratorium Perguruan Tinggi

Hendra Kurniawan

Abstract


INTISASI

Laboratorium merupakan fasilitas pendukung yang sifatnya wajib pada setiap perguruan tinggi di Indonesia. Secara umum laboratorium ditujukan untuk mendukung kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Proses layanan laboratorium di perguruan tinggi perlu adanya strategi yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut dengan baik. Layanan laboratorium berbasis Teknologi Informasi (TI) bagi seluruh civitas akademika pasti akan memunculkan banyak sekali masalah. Oleh sebab itu, keadaan ini membutuhkan pendekatan yang menyeluruh terhadap pengelolaan layanan laboratorium. Pendekatan ITSM (Information Technology Service Management) adalah metode menyeluruh yang dapat digunakan untuk menyajikan pengelolaan layanan TI yang baik. Pada penelitian ini pendekatan ITSM diintegrasikan dengan 2 teknik analisis, yaitu analisis SWOT dan kerangka kerja ITIL (Information Technology Infrastructure Library). Hasil dari penelitian ini berupa rancangan strategi layanan laboratorium jangka panjang untuk laboratorium di Universitas XYZ Yogyakarta. Aktifitas penelitian diawali dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan analisis SWOT. Selanjutnya, hasil analisis SWOT tersebut akan menjadi dasar untuk perancangan strategi layanan laboratorium berdasarkan kerangka kerja ITIL.

Kata kunci— ITSM, SWOT, ITIL, laboratorium, perguruan tinggi.

 

ABSTRACT

Laboratory is a support facility compulsory at every university in Indonesia. In general, the laboratory is support Tri Darma Perguruan Tinggi activities, which include education and teaching, research, and community service. The process of laboratory services in universities need a proper strategy in order to achieve goals. Information Technology (IT) based laboratory services for all academicians will surely bring a lot of problems. Therefore, this situation requires a thorough approach to the management of laboratory services. ITSM (Information Technology Service Management) approach is a method that can be used to present a good IT service management. In this research, the ITSM approach is integrated with two analytical techniques, namely SWOT analysis and ITIL framework (Information Technology Infrastructure Library). The result of this research is a long-term laboratory service strategy design for laboratory at XYZ University . Research activities begin by identifying strengths, weaknesses, opportunities, and threats with a SWOT analysis. Furthermore, the results of the SWOT analysis will be the basis for the design of laboratory service strategies based on the ITIL framework.

Kata kunci—  ITSM, SWOT, ITIL, laboratory, university.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v13i1.211

Article Metrics

Abstract view : 1018 times
PDF - 216 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v13i1.211.g193

Copyright (c) 2018 Hendra Kurniawan



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.