PENGGUNAAN VAL IT FRAMEWORK UNTUK MEMBUAT PERENCANAAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus : AMIK PANCA BHAKTI PONTIANAK)

Ahmad Shalludin, Kusrini, Emha Taufiq Lutfi3

Abstract


Manfaat dari teknologi informasi ada yang terukur maupun tidak terukur, ada yang dapat dirasakan manfaatnya dengan cepat, maupun setelah jangka waktu tertentu. Perkembangan teknologi informasi berdampak pada banyaknya organisasi atau perusahaan sekarang ini yang menggantungkan sebagian besar transaksi dan kelancaran bisnisnya pada sektor teknologi informasi, ini berakibat pada pentingnya memperkirakan seberapa besar manfaat yang diperoleh dari sektor teknologi informasi dibandingkan dengan investasinya. Untuk memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi suatu organisasi dalam melakukan suatu investasi teknologi informasi, dibutuhkan suatu perencanaan yang matang.

Pada tesis ini untuk menghitung perkiraan kelayakan nilai investasi menggunakan Val IT. Val IT dikeluarkan oleh Information Technology Governance Institute (ITGI). Val IT terdiri atas 3 (tiga) proses utama untuk mengukur nilai teknologi informasi, yaitu Value Governance, Portfolio Management, dan Investment Management. Val IT digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai manfaat investasi teknologi informasi pada suatu organisasi. Untuk dapat menerapkan kerangka kerja Val IT, organisasi harus membangun Business Case yang dapat diterapkan pada proyek investasi teknologi informasi, yang nantinya digunakan sebagai alat bantu untuk merencanakan, mengukur, dan memantau investasi teknologi informasi. Business Case ini merupakan sasaran untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pihak manajemen atas manfaat suatu investasi dan membantu manajemen dalam membuat keputusan mengenai investasi tersebut.

Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi seluruh proses Val IT pada AMIK Panca Bhakti Pontianak menggunakan kuesioner. Tujuan identifikasi proses adalah supaya pengembalian investasi TI dapat dilakukan. Kemudian, dilakukan analisis dengan memakai Business Case untuk membuat suatu perencanaan investasi TI berdasarkan analisis keselarasan TI dengan sasaran strategis, analisis keuntungan finansial dan nonfinansial, serta analisis risiko. Dalam analisis menggunakan Business Case ini, obyek yang digunakan adalah perencanaan investasi teknologi informasi laboratorium komputer AMIK Panca Bhakti Pontianak.

Pengembangan sistem penilaian VAL IT menggunakan model pengembangan sistem prototyping yaitu dengan menggunakan 5 tahapan pengambilan keputusan sebagai berikut : Requirements Engineering, Design, Implementation, Testing, dan Maintenance.

Penelitian ini menghasilkan Software aplikasi  Val IT dengan menggunakan analisis Business Case yang berfokus pada keuntungan non-finansial dan software aplikasi perhitungan investasi dengan menggunakan perhitungan NPV, IRR, Net B/C, Gross B/C, PR, PBP dan BEP yang berfokus pada keuntungan finansial.

Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan oleh AMIK Panca Bhakti Pontianak untuk menentukan keputusan yang terbaik dalam perencanaan investasi teknologi informasi kedepan.

 

 

Kata kunci : Val IT, Business Case, Teknologi Investasi, Perencanaan Investasi Teknologi Informasi.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.209

Article Metrics

Abstract view : 958 times
PDF - 54 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.209.g191

Copyright (c) 2018 Ahmad Shalludin, Kusrini, Emha Taufiq Lutfi3



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.