Analisa Faktor Pendukung Pemilihan Obat Untuk Penderita Penyakit Hipertensi Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Sugeng Winardi, Adianto Birowo

Abstract


INTISARI

Obat memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah obat yang dipakai untuk penderita Hipertensi, yaitu penyakit yang disebabkan oleh terjadinya peningkatan tekanan darah di atas batas normal. Dengan berbagai macam pilihan obat, maka dapat dimungkinkan terjadinya kesulitan bagi tenaga medis untuk menentukan obat yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. Oleh karena itu diperlukan aturan untuk pemilihan obat hipertensi dengan tujuann agar obat yang dipilih dapat sesuai dengan kondisi penderita hipertensi.
Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) merupakan salah satu dari metode pengambilan keputusan yang menggunakan hierarkhi untuk memecahkan masalah. Langkah awal adalah melakukan wawancara dengan tenaga medis tentang topik yang akan dibahas, yaitu pemilihan obat hipertensi. Selanjutnya menetapkan kriteria dan alternatif sebagai faktor pendukung untuk pemilihan obat hipertensi lalu kemudian dibandingkan dengan tingkat kepentingan secara berpasangan. Hasil perhitungan dengan rumus AHP kemudian dicocokkan dengan perhitungan menggunakan software Expert Choice.
Hasil dari penelitian berupa perhitungan kriteria yang menjadi prioritas adalah kriteria kondisi pasien dengan bobot nilai 0.426 dan alternatif yang menjadi prioritas berdasarkan kriteria kondisi pasien adalah obat Amlodipin 10 mg serta Amlodipin 5 mg dengan bobot nilai masing-masing 0.258.
Kata Kunci : Hipertensi, Obat Hipertensi, Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.185

Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 129 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.185.g167

Copyright (c) 2017 Sugeng Winardi, Adianto Birowo



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.