Modelling dan Pembuatan Algoritma Aliran Fluida pada External Ballistics dengan Model G1-Standard-Bullet Menggunalan Metode Lattice Boltzmann

Kumara Ari Yuana

Abstract


 

INTISARI

Komputasi dan eksperimental dalam dunia teknik permesinan (mechanical engineer) merupakan bidang yang saling melengkapi. Komputasi dilakukan untuk memberikan gambaran dan penjelasan rasional dari fenomena yang dihasilkan pada eksperimen. Komputasi juga memberikan prediksi sebelum dilakukan eksperimen untuk lebih mematangkan kondisi-kondisi dari sebuah eksperimen. Komputasi dengan metode Lattice Boltzmann adalah metode yang relatif baru dan menjanjikan di dunia komputasi aliran fluida atau CFD (Computational Fluid Dynamics), sebagai alternative metode yang sudah lama dikembangkan dari persamaan kontunum Navier-Stokes. Metode Lattice Boltzmann berangkat dari logika interaksi sekumpulan partikel dan ditelusuri pola interaksinya melalui bantuan pola jaringan (lattice). Pada riset ini akan digunakan metode Lattice Boltzmann untuk membuat model matematis dan algoritmanya pad aliran fluida yang mengalir di sekitar External Ballistics model G1-Standard-Bullet. Tahap riset selanjutnya adalah pengembangan pembuatan coding pemrograman dan simulasi visual untuk mengetahui pola aliran dan analisis-analisis aerodinamisnya.

 

ABSTRACT

Computational and experimental in the world of mechanical engineering is a complementary field and providing a picture and a rational explanation of the phenomena generated from the experiment. Computation with the Lattice Boltzmann method is a relatively new and promising method in the world of fluid flow computation or CFD (Computational Fluid Dynamics), as an alternative to the long-established method of the Navier-Stokes continuum equation. The Lattice Boltzmann method departs from the logic of the interaction of a set of particles and traces its interaction pattern through the aid of a network pattern (lattice). In this research we will use the Lattice Boltzmann method to create a mathematical model and algorithm for the flow of fluid flowing around External Ballistics model G1-Standard-Bullet. The next stage of research is developing the development of coding programming and visual simulation to know the flow pattern and aerodynamic analysis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.181

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 122 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i3.181.g163

Copyright (c) 2017 Kumara Ari Yuana



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.