RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN LOKASI PANTI JOMPO DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH DENGAN PENERAPAN ALGORITMA GREEDY

Ari Pradani Kusuma, Hamzah, Sri Hasta Mulyani

Abstract


Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah merupakan suatu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak panti jompo, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta dalam lingkup Dinas Sosial. Keberadaan panti jompo ini sangat membantu calon penghuni panti jompo untuk dirawat dan diberi fasilitas, layanan 24 jam serta aktifitas-aktifitas positif seperti : menjahit, menyulam, menyanyi dan sebagainya. Namun demikian, karena kurangnya data dan informasi yang terbatas mengenai panti jompo yang ada, sehingga lokasi panti jompo tidak diketahui oleh calon penghuni panti jompo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi pencarian lokasi panti jompo di provinsi Daerah Istimewa Yogykarta dan jawa Tengah dengan penerapan algoritma greedy yang nantinya dapat mempermudah calon penghuni panti jompo dalam mencari lokasi panti jompo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan menentukan lokasi panti jompo yang sudah ditentukan dan akan ditampilkan di peta. Pengembangan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman java untuk aplikasi android dan bahasa pemograman php untuk aplikasi website. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu calon penghuni panti jompo untuk mencari lokasi panti jompo yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, dengan dukungan smartphone android.

 Kata kunci : Panti Jompo, Algoritma Greedy, Android.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.174

Article Metrics

Abstract view : 539 times
PDF - 319 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.174.g156

Copyright (c) 2017 Ari Pradani Kusuma, Hamzah, Sri Hasta Mulyani



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.