ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI UNTUK MANAJEMEN PRODUKSI, PERSEDIAAN DAN DISTRIBUSI BARANG (STUDI KASUS: PABRIK KEMASAN KERTAS CV. YOGYAKARTAS)

Zaidir, Andreas Ardani

Abstract


Organisasi bisnis telah banyak yang memiliki sistem informasi, namun kebanyakan masih berjalan  secara  terpisah. Masalah yang timbul yaitu  terjadi  ketidakefektifan  dalam  proses  pemanfaatannya  dan terjadi  duplikasi  data.  Masalah  itu  diakibatkan  karena  tidak adanya  perencanaan  yang  baik  dalam  pengembangan  berbagai  sistem  informasi. CV. Yogyakartas, mengalami kendala terkait dengan pengelolaan data dan informasi.  Pengolahan data dari pemesanan barang sampai distribusi barang masih dicatat manual. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan data produksi dan persediaan barang belum terintegrasi dengan baik. Permasalahan lain yaitu penyajian informasi tentang data barang belum terorganisasi dengan baik, dan terjadinya penggandaan input data. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan sistem informasi terintegrasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan, pengumpulan data, dan pengembangan sistem terintegrasi. Studi pustaka dilakukan dengan pengumpulan bahan referensi, seperti jurnal, buku-buku teori dan sumber-sumber lain termasuk informasi yang diperoleh dari internet. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan data primer pada organisasi yang bersangkutan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara wawancaran, observasi, dan mempelajari dokumen-dokumen dan informasi dari sistem yang sedang berjalan. Pengembangan sistem terintegrasi dilakukan dengan tahap analisis dan perancangan.

Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem terintegrasi yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengelolaan produksi, persediaan dan distribusi barang serta membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan.

Kata kunci: Sistem Informasi Terintegrasi, Produksi, Persediaan, Distribusi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.171

Article Metrics

Abstract view : 2056 times
PDF - 2143 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.171.g154

Copyright (c) 2017 Zaidir, Andreas Ardani



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.