JOGJA TRANSPORTASI: PEMETAAN JALUR TRANSPORTASI PUBLIK BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG POTENSI WISATA

Erna Kumalasari Nurnawati, Nur Rohmah

Abstract


Alat transportasi merupakan sebuah alat yang berperan penting dan dapat  mendukung kemajuan suatu daerah. Daerah IstimewaYogyakarta merupakan Kota Pelajar dan Kota Pariwisata. Banyak pendatang yang tinggal di Kota DIY untuk belajar atau bekerja. Sebagai Kota Pariwisata banyak wisatawan yang datang ke Kota DIY. Untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dibutuhkan alat transportasi, namun karena kurangnya informasi mengenai transportasi publik yang ada di Kota Yogyakarta orang kebingungan saat menggunakan transportasi publik. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi mengenai transportasi publik yang ada di Kota DIY. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah data alat transportasi dan jalurnya yang didapat dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi Yogyakarta, koordinat lokasi, koordinat rute dan gambar yang dapat mendukung informasi suatu obyek. Data yang di dapat diolah melalui sebuah website dan disimpan di dalam sebuah database yang dapat diakses oleh aplikasi mobile Jogja Transportasi.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang digunakan untuk mengolah data dan aplikasi mobile yang digunakan untuk melihat informasi mengenai Jogja Transportasi. Informasi yang ada di dalam aplikasi mobile menggunakan teknologi GPS dan internet untuk mengambil data yang ada di dalam database. Dengan aplikasi mobile Jogja Transportasi pengguna dapat mengetahui transportasi publik yang ada di Kota DIY, informasi mengenai alat transportasi, rute menuju sebuah lokasi, dan rute alat transportasi.

 Kata Kunci: Transportasi, Mobile, Aplikasi, Wisata, Yogyakarta.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.170

Article Metrics

Abstract view : 591 times
PDF - 196 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.170.g153

Copyright (c) 2017 Erna Kumalasari Nurnawati, Nur Rohmah



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.