KOMPARASI HASIL ANTARA MODEL PROFILE MATCHING DAN MODEL PROFILE MATCHING MENGGUNAAN FUZZIFIKASI, SEBAGAI SEBUAH TINJAUAN

Deborah Kurniawati

Abstract


ABSTRAK
Berbagai model dapat dibentuk dari sebuah metode. Perbedaan hasil dari model yang dibuat dengan metode yang sama sangat dimungkinkan, karena model yang berbeda. Pemilihan model yang tepat akan menentukan hasil yang diperoleh.
Profile matching merupakan metode yang cara kerjanya adalah mencari objek yang profilnya mendekati profil yang diinginkan. Fuzzifikasi merupakan salah satu proses yang terdapat pada sistem fuzzy. Fuzzifikasi akan mendapatkan nilai analog sebagai masukan dan menghasilkan nilai fuzzy (membership degree) dari nilai analog tersebut sebagai keluarannya. Profile matching dan fuzzifikasi memiliki domain nilai untuk kelompok nilai tertentu. Selain menggunakan domain yang sama, perbandingan hasil pada penelitian ini akan menggunakan kriteria, subkriteria dan profil yang sama dengan kasus pemilihan makalah terbaik.
Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa model yang telah dibuat dengan Profile matching mempunyai potensi yang besar untuk menghasilkan nilai yang sama walaupun dengan perbedaan nilai awal yang besar, sementara model yang dibangun dengan metode Profile matching dan fuzzifikasi dapat menghasilkan nilai makalah dengan tetap menjaga perbedaan nilai awal.
Kata kunci : fuzzifikasi. membership degree, model, Profile matching


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.145

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 52 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.145.g136

Copyright (c) 2017 Deborah Kurniawati



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.