ANALISIS METODE SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN JENIS PENYAKIT DALAM DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Herry Hidayat, Danny Kriestanto

Abstract


ABSTRAK
Penyakit dalam memiliki banyak variasi indikasi dan gejala yang muncul hampir sama. Hal ini menyebabkan banyak tenaga medis, atau bahkan masyarakat umum merasa sulit untuk mengenali jenis penyakit apa yang sedang diderita.
Aplikasi yang dikembangkan adalah sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit dalam dengan menggunakan metode Certainty Factor. Diagnosa dilakukan dengan menganalisis masukan gejala dengan bentuk pertanyaan tentang apa yang diderita oleh pasien. Aplikasi ini dapat menggunakan tiga macam metode untuk melakukan kepakaran, yakni: wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Masukan gejala akan diproses dengan menggunakan aturan-aturan tertentu yang mengacu pada pengetahuan pakar atau dokter yang telah disimpan dalam kaidah diagnosa.
Hasil dari sistem pakar ini adalah satu penyakit yang mempunyai nilai kepastian terbesar. Nilai faktor kepastian tergantung pada berapa banyak kecocokan antara masukan gejala dan penyakit serta nilai faktor kepastian untuk setiap gejala penyakit. Dari angka-angka yang diperoleh dapat dipastikan bahwa analisis dengan menggunakan metode wawancara mendapat hasil kepastian paling besar jika dibandingkan dengan kedua metode lainnya.
Kata kunci: certainty factor, penyakit dalam, sistem pakar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.140

Article Metrics

Abstract view : 605 times
PDF - 451 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.140.g131

Copyright (c) 2017 Herry Hidayat, Danny Kriestanto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.