PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI

Mohamad Farozi, M. Suyanto, Emha Taufiq Lutfi

Abstract


ABSTRAK
Kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan banyak ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada diperusahaan tersebut mampu menunjang, memberikan motivasi dan memuaskan keinginan baik dari pegawai maupun dari organisasi perusahaan. Sistem yang mampu memberikan motivasi, kesenangan dan hal menarik lainnya agar sumber daya manusia didalam perusahaan menikmati suasana kerja yang nyaman dan terikat (engagement) pada aktivitas pekerjaan walaupun dilakukan secara berulang – ulang dan sama.
Rancangan sistem informasi penilaian kinerja SDM dengan metode gamifikasi ditampilkan melalui website dan memungkinkan challenge (tugas dan tanggung jawab) karyawan menjadi lebih menyenangkan untuk dikerjakan, user (karyawan) akan diberikan point dan badge (reward) ketika berhasil menyelesaikan challenge dan user (karyawan) lain dapat melihat performa dari masing-masing user (karyawan) melalui leaderboard.
Metode gamifikasi yang digunakan mengacu pada prosesuntuk memperkenalkan, mengubahdanmengoperasikansistempelayanan serta interaksi antara manusia dan komputer yang banyak mengambilinspirasi dari mechanic game yangmembuatproses bisnislebihmenyenangkandenganmemasukkanunsur– unsur permainandidalamnya serta memastikanproduktivitas dan semangat kerja karyawan.
Kata kunci :engagement, leaderboard, mechanic game


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.131

Article Metrics

Abstract view : 1678 times
PDF - 1253 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.131.g122

Copyright (c) 2017 Mohamad Farozi, M. Suyanto, Emha Taufiq Lutfi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.