ANALISIS INFORMASI FISIS RADIOGRAF PANORAMIK DIGITAL UNTUK DETEKSI TUMOR JINAK PADA RAHANG

Sri Lestari

Abstract


INTISARI
Aplikasi instrumen medis yang menggunakan sinar-X telah mengalami perkembangan yang pesat untuk penegakan diagnosiskhususnyadalamkedokterangigi. Evaluasi radiologis yang tepat terhadap suatu lesi dapat memberikan dampak yang signifikan dalam proses diagnosis dan perawatan yang tepat bagi pasien.Secara radiografis, kondisi patologis tercitrakan sebagai sebuah lesi yang ditemukan pada tulang rahang.Penelitianinibertujuanuntukmemperoleh metode pengenalan pola yang efektif untuk menampilkan karakteristik kondisi patologis rahang, khususnya untuk menyajikan informasi bentuk dan gambaran tepi lesinya.
Analisis terhadap citra radiograf panoramik telah dilakukan untuk mendeteksi adanya lesi jinak pada rahang bawah (mandibula)menggunakan surface plot dan plot profile. Pemilihan data radiograf dilakukan dengan bantuan dokter gigi. Sampel penelitianadalahradiograf panoramik digital yang telah melalui proses quality assurance (QA) oleh dokter gigi.Berdasarkanhasil yang diperoleh, analisis surface plot dan profile plot terhadap Region of Interest (ROI) radiograf panoramik digital dapat digunakan sebagai metode pengenalan pola lesi jinak pada rahang.
Kata kunci: panoramik, tumor jinak, rahang, surface plot, plot profil


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.130

Article Metrics

Abstract view : 544 times
PDF - 456 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.130.g121

Copyright (c) 2017 Sri Lestari



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.