PENERAPAN FRAMEWORK DENGAN ARSITEKTUR MODEL-VIEW-CONTROLLER PADA PENGELOLAAN DATA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Sumiyatun Sumiyatun, Femi Dwi Astuti, Syamsu Windarti

Abstract


ABSTRAK
Teknologi web yang saat ini sedang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah dengan menggunakan framework.Framework merupakan kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman.
Penelitian ini mengimplementasikan framework dengan arsitektur model view controller untuk mengelola data penelitian dan pengabdian pada masyarakat di STMIK AKAKOM. Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah Code Igniter. Code Igniter merupakan salah satu framework yang dibangun menggunakan konsep MVC (Model-View-Controller) development pattern.
Aplikasi pengelolaan data penelitian dan pengabdian pada masyarakat menjadi lebih mudah dikelola, lebih terstruktur dan memiliki standar pemrograman yang jelas setelah dibangun dengan menggunakan konsep MVC.
Kata kunci :Code Igniter, Framework, MVC, Penelitian, Pengabdian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.127

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 97 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.127.g118

Copyright (c) 2017 Sumiyatun Sumiyatun, Femi Dwi Astuti, Syamsu Windarti



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.