PENGGUNAAN KONSEP AUGMENTED REALITY DALAM PROMOSI SITUS PURBAKALA LEMBAH BADA SULAWESI TENGAH

Siti Sofyawati, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Abstract


ABSTRAKS
Negara Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, khususnya tinggalan situs cagar budaya. Diantaranya situs megalitik purbakala yang terletak di daerah Lembah Bada kabupaten Poso propinsi Sulawesi Tengah. Namun belum dimanfaatkan secara maksimal karena kurangnya informasi tentang situs disebabkan lokasi situs yang sulit dicapai.
Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah konsep augmented reality berbasis website yang dijalankan melalui perangkat mobile untuk mempromosikan situs purbakala Lembah Bada tersebut.
Pembuatan prototype sistem dalam penelitian ini menggunakan teknik markerless dan natural feature tracking untuk menampilkan informasi dari situs purbakala tersebut. Media Peta Propinsi Sulawesi Tengah digunakan sebagai image marker dan multimedia interaktif sebagai hasil dari pelacakan marker.
Pada penelitian ini, ujicoba dilakukan menggunakan teknik blackbox. Ujicoba difokuskan pada pelacakan marker dan fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada prototype. Untuk pelacakan marker, dilakukan dua tahap pengujian, tahap pertama pengujian terhadap tingkat kecerahan warna dan kontrast marker dengan skala persentase kecerahan (0%-100%) berbanding kontrast (0%), tahap kedua perbedaan warna marker mulai dari warna asli (original),sephia,greyscale,washout, dan black and white. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa sistem masih dapat melacak marker dengan tingkat kecerahan (brightness) 0%-45% serta kontrast warna (contrast) sebesar 0%. Sedangkan mulai tingkat 50% - 100%, sistem sudah tidak dapat melacak marker, karena pola serta bentuk marker sudah menghilang. Pelacakan berdasarkan perbedaan warna marker menunjukkan bahwa sistem masih dapat melacak marker dalam mode greyscale (abu-abu) dan sephia. Sedang ketika marker dalam mode washout dan black and white, sistem tidak dapat melacak marker. Tombol-tombol dalam prototype sistem dapat berfungsi dan menampilkan informasi tentang situs purbakala Lembah Bada.
Kelebihan dari sistem yang dikembangkan, dapat diakses dari manapun karena berbasis website dan mobile device, dikembangkan menggunakan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh user. informasi yang ditampilkan berupa foto, informasi serta video tentang situs purbakala Lembah Bada. Sistem belum menampilkan informasi dalam bentuk objek 3D, serta belummenampilkan semua objek yang ada dilokasi situs purbakala Lembah Bada.
Kata kunci: Augmented Reality, Situs Purbakala Lembah Bada, teknik markerless, natural feature tracking


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.125

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 252 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v10i30.125.g116

Copyright (c) 2017 Siti Sofyawati, Ema Utami, Armadyah Amborowati



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.