RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DOKUMENTASIKEPERAWATAN PADA PENDERITA ISPA

Erizal Erizal

Abstract


ABSTRAK Pemberian Asuhan keperawatan pada pasien ISPA merupakan suatu hal penting karena mengingat bahwa penyakit ISPA mempunyai prognosis buruk kalau tidak segera ditangani. Seringkali seorang perawat yang melaksanakan tugas dan fungsinya kurang baik, sering mengabaikan pemberian kompres pada pasien yang mengalami hipertermia, jarang memonitor tanda-tanda vital, terkesan hanya memberikan intervensi atau treatmen tindakan dan sering mengabaikan pemberian pendidikan kesehatan baik pada pasien maupun keluarga pasien dan sistem pendokumentasian proses keperawatan yang belum tepat dimana dokumentasi keperawatan umumnya hanya berupa data atau tindakan umum dan bersifat rutin saja, antara lain dokumentasi tanda-tanda vital, pemberian obat, cairan infus atau hal-hal lain yang merupakan instruksi medik.Perkembangan teknologi informasi khususnya perangkat lunak saat ini sudah banyak dikembangkan untuk menunjang kegiatan/kerja di belbagai bidang dalam hal ini sistem informasi kesehatan. Sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi(mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kinerja sistem kesehatan.Beberapa penelitian dalam pengembangan perangkat lunak yang khusus dalam bidang kesehatan sudah banyak dilakukan.
Penelitian bertujuan untuk menganalisa dan merancang sistem informasi dokumentasi keperawatan bagi penderita ISPA dengan diagnosa NANDA dengan metode PES (Problem, Etiologi, Symtom).
Hasil penelitian diharapkan dapat mempermudah tenaga perawat dalam melakukan diagnosa kepada pasien dan juga sebagai bahan pembelajaran bagi calon tenaga perawat sebagai kompetensi dasar dalam pelayanan pada masyarakat.
Kata Kunci : Dokumentasi Keperawatan, ISPA, Sistem Informasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i31.123

Article Metrics

Abstract view : 580 times
PDF - 183 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i31.123.g114

Copyright (c) 2017 Erizal Erizal



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.