MANAJEMEN JARINGAN INTERNET SEKOLAH MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK DAN PROXY SERVER

Purwanto Purwanto, Kusrini Kusrini, Roy Rudolf Huizen

Abstract


INTISARI
Dengan semakin berkembangnya Instansi/lembaga maka akan semakin kompleks juga kebutuhan dalam manajemen jaringan Komputer. Salah satu manajemen yang cukup penting yaitu manajemen pada Router dan Proxy Server. Untuk manajemen Router dan Proxy Server agar sesuai dengan kebutuhan yang berkembang dalam sebuah Instansi/lembaga maka perlu dilakukan pengaturan secara coding/script yang cukup rumit.
Dengan menggunakan Mikrotik Routerbord mikrotik kita dapat mengatur konfigurasi router dengan menggunakan Graphic User Interface (GUI) melalui fasilitas Winbox sehingga lebih User friendly. Sistem manajemen baru menggunakan routerbord mikrotik pada jaringan internet di SMK Negeri Jumantono dapat mengontrol arus lalu lintas data dan sistem manajemen Load balancing dengan metode Fail Over dan PCC mampu menghindari permasalahan overload pada salah satu jalur koneksi dan dapat mengoptimalkan trafik yang ada. Metode HTB yang ada pada router mikrotik mampu melakukan limitasi bandwidth terhadap user sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai bandwidth limiter dan metode Per Connection Queue (PCQ) mampu membatasi maksimal data rate untuk setiap sub queue (pcq-rate) dan jumlah paket data (pcq-limit).
Sistem manajemen hotspot pada routerbord mikrotik dapat mengatur hak akses dari tiap-tiap user dan penerapan sistem Single sign on dapat meminimalisir penggunaan username dan password serta dengan adanya sistem keaaman memfilter virus, spam, trojan ataupun malware lain.
Sistem manajemen proxy server dan filtering dapat meningkatkan akses jaringan internet dan dapat memfilter konten-konten web yang negatif atau tidak sehat untuk diakses dilingkungan pendidikan SMK Negeri Jumantono.
Metode pengembangan system yang penulis gunakan dalam menyusun tesis ini yaitu metode Network Development Life Cycle (NDLC) karena sesuai dengan pokok bahasan yaitu konfigurasi jaringan komputer yang berkelanjutan yang mencakup tahap Analisis, Design, Simulation Prototype, Implementation, Monitoring dan Managemen.
Berdasarkan monitoring yang dihasilkan, sistem baru jaringan yang penulis lakukan telah memenuhi kebutuhan yang ada pada SMK Negeri Jumantono dan telah menjawab semua permaslahan sesuai kondisi disekolah.
Metode untuk pengukuran kualitas akses jaringan mengunakan metode QoS yang dapat untk yang membantu end user menjadi lebih produktif dengan memastikan bahwa user mendapatkan kinerja yang handal dari aplikasi-aplikasi berbasis jaringan. Aliran paket data dapat ditentukan melalui lima parameter yang ada pada QoS yaitu Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss dan Bandwidth.
Kata Kunci: Routerbord Mikrotik, Manajemen Jaringan, NDLC, Proxy Server, QoS.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.117

Article Metrics

Abstract view : 3826 times
PDF - 639 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.117.g108

Copyright (c) 2017 Purwanto Purwanto, Kusrini Kusrini, Roy Rudolf Huizen



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.