RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN ARSIP DI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA

Moch Farid Fauzi, Abidarin Rosidi, Eko Boedijanto

Abstract


ABSTRAK
Sistem pengelolaan arsip memegang peranan penting bagi jalannya suatu organisasi. Permasalahan kearsipan yang sering terjadi adalah pengelolaan administrasi kearsipan yang tidak terorganisir, sehingga menyebabkan banyak dokumen yang terlewatkan dalam pemberkasan dan tercecer saat digunakan karena proses disposisi surat. Hal ini memotivasi penulis untuk mengembangkan sebuah penelitian dibidang kearsipan. Penelitian dibidang kearsipan ini akan dikembangkan menjadi sebuah rancangan Sistem Informasi Kearsipan. Komputerisasi dibidang kearsipan dianggap penting karena komputer dapat membantu dalam meningkatkan kinerja pengguna.
Muhammadiyah sangat memperhatikan lingkup pendidikan, seperti yang tertuang pada salah satu poin di Mukhtamar Muhammadiyah ke 46 yang mencetuskan sebuah peningkatkan kekuatan stategis dalam membangun Muhammadiyah melalui bidang Pendidikan dan Pembangan Sumber Daya Insani, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hal tersebut mendorong Muhammadiyah untuk membuka wawasan dibidang teknologi informasi. Penelitian ini merupakan salah satu solusi meningkatkan pelayanan pada SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.
Sistem ini layak diimplementasikan di lingkungan SMP-SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta, karena Sumber Daya Manusia yang bertugas mengelola arsip dan administrasi sekolah sudah mahir dalam mengoperasionalkan perangkat komputer dan mahir dalam mengelola sistem kearsipan.
Kata Kunci : sistem, arsip, pengelolaan, kearsipan, Muhammadiyah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.116

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 43 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.116.g107

Copyright (c) 2017 Moch Farid Fauzi, Abidarin Rosidi, Eko Boedijanto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.