ANALISIS USER INTERFACE BERDASARKAN CONCEPTUAL MODEL OF CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA WEBSITE JOGJA DIGITAL VALLEY (JDV)

Aatha Gilang Saputra, Hinova Rezha Ulinuha, Anisah Romdhiyatun Noor

Abstract


ABSTRAK
User interface dalam website merupakan aspek penting yang berhubungan langsung kepada pengguna. User interface yang tidak memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna seringkali membuat sebuah website menjadi kurang efektif dan kurang disukai pengguna sehingga website tersebut akan ditinggal oleh pengguna. Website yang baik akan menghadirkan user interface yang user-friendly dan tentu saja memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna dalam berinteraksi sehingga tercapainya tujuan pengguna dalam menggunakan website tersebut. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi strategi dalam menentukan fitur dalam user interface agar pengguna mencapai tujuannya dan memenuhi kebutuhannya yaitu, Knowledge Management, Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Knowledge Management (CKM). Penelitian ini bertujuan untuk memetakan strategi apa saja yang akan dibangun dalam rangka untuk membuat user interface yang akan membuat pengguna maupun calon pengguna website mencapai tujuan atau kebutuhannya. Analisis dalam memetakan strategi tersebut adalah berdasarkan Conceptual Model Of Customer Knowledge Management (CKM). Hasil analisis yang akan dituju setelah memetakan strategi fitur dalam user interface berdasarkan CKM adalah memperbaiki dan merancang user interface pada website Jogja Digital Valley (JDV) agar memenuhi kriteria aspek pada Customer Knowledge Management.
Kata Kunci : user interface, website, Customer Knowledge Management (CKM)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.114

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 118 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i32.114.g105

Copyright (c) 2017 Aatha Gilang Saputra, Hinova Rezha Ulinuha, Anisah Romdhiyatun Noor



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.