RESPON PENGGUNA MIKROTIK ROUTEROS DENGAN PENDEKATAN TAM DI KULON PROGO

Ari Fatkhurohman, Kusrini Kusrini, Sudarmawan Sudarmawan

Abstract


Abstrak – Mikrotik RouterOS (ROS) Merupakan Sistem Operasi berbasis Linux yang didesain khusus untuk fungsi-fungsi manajemen jaringan (www.mikrotik.com, 2016). Selain itu, Mikrotik RouterOS diperuntukkan sebagai network router dan didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Mikrotik RouterOS sebagai software untuk memanajemen jaringan saat ini semakin populer digunakan oleh Administrator jaringan maupun Guru-guru Produktif SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan karena dianggap lebih praktis dan banyak fitur-fitur serta tool-tool yang bisa digunakan, meskipun sebenarnya ada beberapa kelemahan dan sedikit kesulitan dalam mengkonfigurasinya. Akan tetapi ternyata hal ini sepertinya belum sikapi sepenuhnya oleh guru-guru produktif jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, padahal peranan guru menjadi ujung tombak dalam membekali ilmu dan kemampuan peserta didiknya. Bagaimana mungkin siswa-siswanya bisa terampil dan mahir sedangkan guru-gurunya belum menguasai sepenuhnya ilmu yang akan diajarkan. Kekhawatiran peneliti bukan tanpa alasan, karena pada kegiatan-kegiatan diklat dan ujian sertifikasi dari Mikrotik, ternyata hasilnya yang bisa mencapai nilai diatas atau sama dengan nilai minimal yang disyaratkan masih tergolong sedikit jumlahnya. Penelitian ini membahas tentang analisis penerimaan pengguna Mikrotik RouterOS oleh Guru-guru SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan bagian dari Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explorative research dengan teknik analisis data menggunakan Stuctural Equation Model (SEM) dengan teknik pemodelan Part Least Square (PLS). Data diperoleh dari 36 responden yang merupakan Guru-guru Produktif SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Kulon Progo dengan menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATT) sangat dipengaruhi oleh Perceived Usefulness (PU), Peceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh terhadap Attitude Toward Using (ATT), Attitude Toward Using (ATT) berpengaruh terhadap penerimaan Mikrotik RouterOS (ACC). Akan tetapi untuk Perceived Usefulness (PU) tidak berpengaruh terhadap penerimaan Mikrotik RouterOS (ACC).
Kata kunci: Mikrotik RouterOS, analisis penerimaan pengguna, Technology Acceptance Model (TAM), Part Least Square (PLS)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i34.103

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 87 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i4.103.g94

Copyright (c) 2017 Ari Fatkhurohman, Kusrini Kusrini, Sudarmawan Sudarmawan



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.